Cara Mencegah Penyakit Diare Agar Tidak Menjadi Lebih Parah

Diare merupakan penyakit yang umum dan bisa diderita oleh siapa saja. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang menyebabkan gangguan saluran pencernaan sehingga mengalami beberapa gejala. Seperti mengalami sering buang air besar, feses yang lembek, lemas, perut kembung, mual, dan juga muntah. 

Ketika mengalami gejala tersebut sebaiknya segera atasi dengan baik yaitu dengan menggunakan obat diare seperti Entrostop dan juga dibarengi dengan mengkonsumsi oralit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang agar bisa mencegah dehidrasi. Selain berusaha mengatasi diare, Kamu juga penting untuk mencegah diare yang dialami agar tidak bertambah parah. Salah satunya adalah dengan menghindari makanan yang menjadi pantangan selama diare yaitu:

 

  • Makanan pedas

Selain dapat untuk dihindari selama diare agar tidak membuat kondisi diare menjadi lebih parah, makanan pedas juga merupakan salah satu penyebab mengapa orang bisa mengalami diare. Sehingga makanan pedas memang kurang bersahabat dengan penyakit ini. Makanan pedas mempunyai kandungan capsaicin yang dapat mengganggu kerja usus ketika akan menyerap makanan dan minuman. Sehingga hal tersebut menimbulkan proses penyebaran kurang maksimal dan lebih lambat. Hal ini akan menimbulkan salah satu gejala diare yaitu feses yang cair. Selain itu ketika mengalami diare dan mengonsumsi makanan juga akan membuat kondisinya menjadi lebih parah.

 

  • Makanan berempah kuat

Pantangan selanjutnya ketika sedang diare adalah jangan mengonsumsi makanan yang menggunakan banyak rempah sehingga dapat membuat rasanya kaya. Hal tersebut tentu saja akan bisa dinikmati saat sedang sehat untuk mendapatkan makanan yang lezat. Akan tetapi ketika diare justru hindari makanan berempah kuat karena bisa membuat diare menjadi parah. Makanan dengan rasa kuat akan dapat mempengaruhi pencernaan dan bisa memicu gejala diare. Hindari jenis makanan yang mengandung banyak garam, santan, lemon, cuka, terlalu banyak bawang putih, bawang bombay, tinggi serat, dan lainnya. Cara mencegah penyakit diare yang bisa digunakan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mempunyai rasa hambar, tidak asam, dan tidak pedas.

 

  • Makanan berlemak dan berminyak

Penyebab mengapa bisa mengalami diare menjadi lebih parah adalah karena memilih makanan yang tinggi lemak dan minyak. Makanan yang digoreng memang akan mempunyai rasa renyah. Akan tetapi hal tersebut akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih ekstra sehingga susah dicerna. Selain gorengan, makanan berlemak juga akan membuat otot perut menjadi menegang sehingga diare yang dialami akan memburuk. Ketika diare, akan lebih baik mengonsumsi makanan yang diolah dengan direbus atau dikukus.

 

  • Makanan tinggi serat

Makanan pantangan lainnya yang akan membuat diare tambah parah adalah makanan yang tinggi serat. Pada biasanya makanan yang kaya serat akan baik dikonsumsi sehari-hari. Akan tetapi ketika diare hal tersebut tidak dianjurkan karena dapat membuat feses menjadi lunak, sehingga membuat gejala diare menjadi lebih parah. Hindari makanan tinggi serat saat diare seperti brokoli, kembang kol, dan gandum utuh sehingga dapat tidak membuat diare menjadi parah.

 

  • Makanan yang mengandung gas

Cara mencegah penyakit diare menjadi lebih parah terakhir adalah dengan menghindari makanan yang mengandung gas. Hal ini akan membuat sensasi perut yang dirasakan saat diare menjadi lebih parah. Sehingga hindari makanan tinggi gas seperti kembang kol, kacang-kacangan, dan jagung. Untuk mengetahui makanan yang menjadi pantangan dan yang baik dikonsumsi saat mengalami diare. 

Dan ada tambahan lagi dari saya, jika kamu sedang mencari website yang membahas lengkap mengenai masalah penyakit diare mulai dari pencegahan, pengobatan, atau tips lainnya saya bisa menyarankan kamu untuk pergi ke situs diarepedia.

Mungkin sekian dulu informasi yang bisa saya berikan pada artikel yang saya buat ini semoga dengan informasi yang saya buat di atas bisa berguna dan bermanfaat bagi kamu semua dan sampai jumpa lagi dilain kesempatan see you next time.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.