Mengaku Hanya Iseng Fakta-fakta Kasus Petani Ubah Cabai Rawit Hijau Jadi Merah dengan Cat Semprot

Berikut ini fakta fakta petani mengecat cabai rawit hijau menjadi merah. Pelaku mengubah warga cabai tersebut menggunakan pilox atau cat semprot. Menurut pengakuannya, aksi tersebut dilakukan hanya iseng.

Warga Banyumas dihebohkan dengan temuan cabai rawit bercat merah. Cabai rawit bercat merah tersebut ditemukan di tiga pasar tradisional di Kabupaten Banyumas. Cabai tersebut ditemukan di tiga pasar yakni Pasar Wage Purwokerto, PAsar Cermai Baturraden dan Pasar Kemukusan Sumbang.

Cabai bercat merah itu ditemukan oleh petugas BPOM Banyumas pada Selasa (29/12/2020). Petani berinisial BN (35) menjadi pelaku pengecatan cabai hijau menjadi merah. BN merupakan warga Temanggung.

Ia ditangkap Polresta Banyumas yang bekerjasama dengan Polres Temanggung pada Kamis (31/12/2020). Mengutip , pelaku ditangkap berdasarkan hasil keterangan sejumlah saksi. Baik dari pedagang maupun cabai rawit.

Polisi pun mendapatkan keterangan yang mengarah pada BN. Aksi pelaku ini baru pertama kali dilakukan. Menurut keterangan Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Berry, BN mewarnai cabai hijau tersebut menggunakan pilox.

Polisi juga mengamankan sejumla kaleng cat semport di rumah pelaku. Pelaku cat 5 kg cabai hijau/kuning Untuk mengelabui pembeli, pelaku mencapur cabai rawit hijau yang dicat dengan cabai rawit merah asli dalam satu kemasan.

Pelaku mewarnai seberat 5 kg cabai hijau. BN mencampur cabai merah yang diletakkan di bawah sementara cabai hijau diletakkan di atasnya kemudian disemprot menggunakan pilox. Kepada polisi, BN mengaku hanya iseng melakukan aksinya tersebut.

BN nekat menyemprot cabai hijau karena harganya yang murah sementara harga cabai merah melambung. Diketahui harga cabai rawit hijau Rp 20 ribu per kilogram sementara cabai rawit merah mencapai Rp 45 ribu per kilogram. Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi menyebut, motif sementara aksi tersebut adalah ekonomi.

Atas perbuatannya, pelaku terjerat pasal berlapis dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *