Tato Pelaku Jadi Kunci Ungkap Kasus Penjambretan yang Buat Wanita Lansia Tersungkur di Tamansari

Kepolisian meringkus pelaku penjabretan yang beraksi di Jalan Harum Manis, Tamansari, Jakarta Barat. Pelaku berinisial Z alias U tidak bisa mengelak saat ketahuan memiliki tato yang sama dengan yang terekam CCTV. Kasubnit Buser Polsek Metro Tamansari Iptu Sigit Santoso mengatakan Z dibekuk di pinggir jalan kawasan Tamansari, Jakarta Barat, Rabu (24/3/2021).

"Pelaku kami tangkap saat hendak beraksi lagi di sebuah jalan di Tamansari. Kami tangkap pelaku berbekal ciri ciri yang sudah kami kantongi," ujar Sigit dikonfirmasi Rabu (24/3/2021). Ciri ciri itu kata Sigit diantaranya ialah wajah pelaku dan kedua tato yang terletak di punggung dan lehernya. Saat diperiksa polisi, kedua tato tersebut sama persis dengan yang terekam CCTV sehingga membuat Z tidak dapat mengelak lagi.

Selain itu, saat ditangkap, Z juga ketahuan sedang mengincar korban lagi di sebuah jalan yang sepi di Tamansari. Untungnya saat itu polisi sudah memata matai Z sehingga meringkusnya saat itu juga. "Saat ini pelaku kami bawa ke Polsek Metro Tamansari untuk menjalani sejumlah pemeriksaan," terangnya.

Diketahui sebelumnya viral video CCTV seorang wanita lansia yang dijambret di Jalan Harum Manis, Tamansari, Jakarta Barat. Wanita bernama Tan Siyatmi (63) itu dijambret oleh pengendara motor yang membawa anak serta istrinya. Mirisnya, Tan Siyatmi hingga jatuh tersungkur karena tasnya ditarik paksa pengendara motor tersebut.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pria mengendarai sepeda motor dan membonceng istri serta putranya. Istrinya yang duduk di belakang, tiba tiba merampas tas milik seorang wanita paruh baya yang mengenakan kaos putih. Wanita yang menjadi korban itu lalu jatuh tersungkur dan tasnya telah dibawa kabur.

Polisi pun masih menyelidiki kasus tersebut. "Kami akan lakukan penyelidikan untuk cari tahu tersangka, semua ada CCTV," kata Kanit Reskrim Taman Sari, AKP Lalu Ali, saat dihubungi Wartawan, Senin (22/3/2021). "Kami nanti telusuri dari mana mereka datang sehingga kami bantu identifikasi sambil cari informasi ke masyarakat apakah kenal pelaku atau kendaraan yang dipakai," lanjutnya.

Dia menjelaskan, alat bukti berupa kamera CCTV ini mampu mengidentifikasi ciri ciri pelaku. "Kebetulan kami ungkap perkara selama ini sangat terbantu dengan CCTV. Kami rangkai dari beberapa titik sehingga kami bisa identifikasi pelaku darimana asalnya," tutup Lalu. Warga setempat, Hamdan (32), mengatakan saat kejadian berlangsung dirinya memang berada di sekitar lokasi.

Namun, kata dia, saat itu suasana sangat sepi. "Kalau Sabtu dan Minggu di sini sepi mulu. Toko toko juga banyak yang tutup, jadi sepi," ucap dia, saat ditemui di lokasi, Senin (22/3/2021). Sementara itu Kasubnit Buser Polsek Metro Tamansari, IPTU Sigit Santoso mengatakan aksi jambret itu terjadi Sabtu (20/3/2021) lalu.

Akibat insiden jambret itu, korban alami luka memar di bagian pipi sebelah kanan, kaki, dan siku. Kacamata Lansia berusia 63 tahun itu juga pecah karena tersungkur usai dijambret. "Oleh sebab itu makanya kami dari unit reskrim Tamansari melakukan olah TKP dengan menyisiri CCTV menurut keterangan dari para saksi," jelasnya.

Aksi nekat penjambret di Jalan Harum, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat Sabtu (13/3/2021) terekam CCTV. Tidak seperti biasanya, kali ini penjambret itu mengajak istri dan anaknya dalam melakukan aksinya. Seorang pria tampak terlihat mengendarai sepeda motor dan memboncengi istri serta putranya.

Terlihat dari rekaman CCTV penjambret tersebut sudah membuntuti korbannya dengan mengendarai sepeda motor matic warna merah. Dia kemudian mendahului sang korban yang diketahui bernama Tan Siet Mie dan memutar balik menuju korbannya. Setelah mendekati sang korban penjambret itu langsung merampas tas milik seorang wanita paruh baya yang mengenakan kaos putih.

Wanita yang menjadi korban itu lalu jatuh tersungkur dan tasnya telah dibawa kabur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *