Tutorial Mengganti Absorber Printer Canon, Wajib Tahu!

Apakah saat ini kamu memiliki printer sendiri di rumah? Penggunaan printer infus multifungsi di zaman sekarang ini sudah banyak yang canggih loh, karena selain bisa melakukan print, scan dan copy, ada juga printer yang sudah berteknologi wireless, anti tumpah, dan tersedia dengan suku cadang yang cukup mudah untuk dibongkar pasang dalam maintenance-nya. Untuk kamu semua yang saat ini punya printer di rumah, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wadah tinta dan ink absorber printer.

Ink absorber itu sendiri merupakan semacam bantalan yang berfungsi sebagai penyerap tinta, agar sisa-sisa tinta ketika kamu akan mencetak dokumen tidak meleber ke dokumen saat sedang mencetak. Nah, apabila ink absorber printer alias bantalan ini sudah penuh dengan sisa tinta yang sudah sekian lama menumpuk, kamu harus segera membersihkannya agar aktivitas print dokumen atau tugas tidak terganggu. Namun, kalau sejauh ini kamu belum punya pengalaman untuk mengganti ink absorber printer,tidak perlu khawatir, info di bawah ini akan membantumu untuk melakukan perawatan, langkah demi langkah.

  • Simak indikator pada ink absorber printer

Hal pertama yang wajib kamu cek adalah status dari Absorber ini sendiri. Misalnya, di printer Canon PIXMA G Series, ada 2 jenis indikator, yaitu Support Error 1726 (absorber sudah penuh) dan Support Error 1727 (absorber hampir penuh). Jadi, perhatikan baik-baik pesan yang menunjukkan kondisi dari ink absorber printernya, ya. Kalau kamu sudah menemukan indikator “Support Error 1727”, maka itu artinya sudah tiba waktunya bagimu untuk segera mengganti ink absorber tersebut.

  • Matikan printer lalu cabut kabelnya

Setelah kamu mengetahui status Absorber seperti yang sudah dijelaskan di atas, langkah selanjutnya adalah menonaktifkan printer. Matikan tombol power dan ingat untuk memutuskan sambungan listrik. Caranya adalah dengan mencabut kabel “power” yang masih tersambung. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan pengecekan pada kabel USB, siapa tahu kan, masih ada sisa kabel yang terhubung dari printer ke laptop atau PC-mu.

  • Buka baut pengunci yang ada di bagian belakang printer

Jika sudah memastikan bahwa mesin printer telah dalam keadaan off alias mati, lanjutkan proses penggantian dengan membuka baut absorber yang terletak di area belakang printer. Baut pengunci ini memang berfungsi untuk menutup wadah ink absorber dan untuk membukanya pun juga cukup mudah. 

Setelah baut pengunci terbuka, kamu bisa langsung membuka bagian cover ink absorber seperti pada contoh gambar di atas.

Ingat, karena ink absorber adalah bantalan yang pastinya berisi tumpukan tinta, kamu juga perlu berhati-hati saat akan menariknya ke luar. Jangan terburu-buru apalagi menariknya dengan kasar ya, karena proses ini dapat menyebabkan kumpulan tinta yang ada pada ink absorber menjadi tumpah ke mana-mana.

  • Ganti Absorber printer yang lama dengan yang baru 

Kira-kira, seperti inilah bentuk ink absorber baru yang harus kamu pasangkan ke balik mesin printer. Perhatikan baik-baik ya, pada gambar di atas ada tanda silang, bukan? Nah tanda itu berarti bahwa bagian tersebut jangan sampai terkena sentuhan. So, kalau kamu ingin memasangkan Absorber, bpegang bagian lain yang tidak ada tanda silangnya.

Ingat, pasangkan absorber baru ini secara pelan-pelan ya, sama seperti ketika kamu menarik Absorber yang lama. Setelah sudah selesai memastikan bahwa Absorber telah terpasang dengan benar, lanjutkan dengan memasangkan kembali cover ink absorber termasuk dengan baut penguncinya agar tidak lepas.

Jika baut pengunci yang berfungsi untuk menutup ink absorber sudah terpasang dengan benar, coba pasangkan kembali kabel power dan nyalakan mesin printermu agar bisa digunakan kembali. Setelah mengikuti step di atas, ink absober sudah berhasil diganti dengan yang baru tanpa kamu harus repot-repot keluar rumah, bukan?

Kira-kira seperti itulah cara mengganti Absorber printer infus Canon yang bisa kamu terapkan juga di rumah. Cukup praktis dan mudah kan? Buat kamu yang punya printer Canon di rumah, boleh mencoba untuk mengikuti langkah-langkah di atas. Kalau kamu masih penasaran tentang fitur-fitur apa saja yang ada pada printer Canon, silahkan langsung cek website resmi ataupun Instagramnya di @canon.indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *